Menu Close

Alasan mengapa ERP dibutuhkan pada bisnis Manufaktur

Dahulu biasanya suatu bisnis memiliki sistem yang berbeda-beda untuk setiap departemen. Misalnya departemen keuangan memiliki sistem akuntansi tersendiri, departemen HRD memiliki sistem payroll dan recruitment tersendiri, begitu juga departemen produksi yang memiliki sistem dalam memproduksi barangnya tersendiri. Sehingga pemangku keputusan sulit untuk mengambil kebijakan karena data dari masing-masing departemen tidak terintegrasi. Untuk itulah ERP menjadi solusi tersendiri bagi sebuah perusahaan yang memiliki manajemen kompleks, termasuk salah satunya adalah bisnis Manufaktur.

Sebelum berbicara tentang ERP, kita harus mengetahui apa itu Manufaktur? Dilansir dari wikipedia.com, Manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengoperasikan peralatan, mesin dan tenaga kerja dalam suatu medium proses untuk mengolah bahan baku, suku cadang, dan komponen lain untuk diproduksi menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual. Lantas mengapa ERP sangat dibutuhkan pada bisnis Manufaktur?

Software ERP memang dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi organisasi perusahaan dengan mengelola dan meningkatkan efektivitas sumber daya perusahaan baik SDA maupun SDM yang digunakan pada bisnis Manufaktur. ERP bisa menganalisis yang pada akhirnya bisa mempengaruhi keputusan meningkatkan atau mengurangi sumber daya yang diperlukan tanpa mengorbankan kualitas dan kinerja perusahaan. Itu semua adalah kunci untuk meningkatkan pertumbuhan dan profitabilitas bisnis Manufaktur secara efektif.

Dengan kata lain dengan software ERP, perusahaan manufaktur memiliki kemampuan untuk mengelola aspek penting dari segala sesuatu mulai dari operasional hingga perencanaan persediaan dan inventaris.

Manfaat ERP untuk perusahaan Manufaktur

Ada banyak manfaat operasional dan finansial yang berharga untuk memiliki sistem ERP manufaktur yang modern dan terintegrasi, baik di tingkat mikro maupun makro. Manfaat paling menonjol dari ERP untuk perusahaan manufaktur meliputi:

  • Meminimalkan redudansi dan mengotomatisasi proses untuk meningkatkan efisiensi
  • Mengoptimalkan operasi manufaktur untuk meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan rantai pasokan, gudang, transportasi, dan manajemen inventaris
  • Mengurangi risiko dan meningkatkan kepercayaan seputar kepatuhan
  • Memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan
  • Menyatukan departemen dan membandingkan metric diseluruh bisnis
  • Menghilangkan kebutuhan akan banyak sistem yang tidak berkomunikasi satu sama lain
  • Menangkap pelaporan real time untuk operasional yang dapat diakses dengan cepat
  • Memusatkan informasi operasional dan keuangan untuk meningkatkan visibilitas dan komunikasi
  • Memperoleh kemampuan untuk beradaptasi ketika menghadapi perubahan atau gangguan lingkungan bisnis

Secara umum, sistem ERP Manufaktur merampingkan operasi dan memberikan dukungan yang membantu produsen mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan sembari meningkatkan kualitas.

Permana ERP sebagai perusahaan ERP consultant mampu membuat ERP custom untuk segala jenis bisnismu. Segera hubungi Permana ERP apabila kamu ingin mentrial dahulu untuk software ERP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.