Menu Close

Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Mengimplementasikan ERP Pada Perusahaan

Penerapan software ERP pada perusahaan makin banyak diminati akhir-akhir ini. Alasannya banyak, salah satunya adalah manfaat ERP yang mampu mengintegrasikan data dari setiap departemen mulai dari keuangan, SDM, penjualan, warehouse dll serta keunggulan ERP lainnya yaitu mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi. 

Untuk kamu yang ingin menerapkan software ERP pertama kali dengan mengganti sistem lama, kemungkinan akan mengalami beberapa tantangan. Untuk itu diperlukan perencanaan yang  matang serta memastikan bahwa modul ERP yang dipasang sesuai dengan jenis bisnis dan kebutuhan perusahaanmu.

Berikut adalah tips bagaimana mengimplementasikan software ERP di perusahaan bisa berhasil :

  • Buat rencana pra-implementasi yang tepat

Luangkan waktu untuk menguraikan dengan jelas kebutuhan, keinginan, sasaran, anggaran, dan jadwal, lalu pilih software dan modul ERP yang paling sesuai.

  • Membuat tim pelaksana

Sistem ERP baru adalah solusi menyeluruh bagi perusahaan, jadi kemungkinan besar digunakan oleh berbagai departemen atau divisi. Pembuatan tim pelaksana perlu mencerminkan keragaman dengan menjadi lintas fungsi dan lintas departemen. Tentunya setiap tim membutuhkan pemimpin. Pemimpin atau penanggung jawab ini akan menjadi kontak utama untuk semua orang yang terlibat dalam proyek baik secara internal maupun eksternal.

  • Perencanaan yang sesuai on track

Usahakan implementasi software ERP pada jalur dan dalam ruang lingkup serta anggaran, tim pelaksana harus membuat rencana proyek berdasarkan tujuan dan sasaran yang jelas dan terukur. Sasaran ini harus diterjemahkan ke dalam tonggak proyek yang dapat dicapai dalam garis waktu yang realistis. 

  • Perencanaan manajemen perubahan

Sistem ERP yang baru dipasang akan mengubah banyak proses dan oleh karena itu akan mengubah cara kerja karyawan. Perencanaan manajemen perubahan akan menjadi faktor utama dalam keberhasilan implementasi.

Komunikasikan kepada karyawan tentang perubahan yang akan datang, pastikan untuk menjelaskan manfaat software ERP baru yang akan dibawa ke perusahaan, dan yang terpenting, pekerjaan sehari-hari mereka.

  • Pelatihan

Kamu dapat membantu karyawan merangkul teknologi baru dan meningkatkan adopsi pengguna dengan memberikan peluang pelatihan berkelanjutan dan sumber daya yang dapat diakses. Kamu bisa menggunakan berbagai metode dan forum termasuk sesi grup, video instruksional, dan pelatihan online.

  • Pengujian software ERP yang baru

Serangkaian pengujian perlu diulangi untuk menjalankan sistem dengan sempurna. Bersiaplah untuk banyak penyesuaian yang harus dilakukan setelah pengujian awal, lalu jalankan tes pengujian lagi. Tes menjadi lebih canggih di setiap putaran, dan tim implementasi ERP internal perlu merancang skenario dan mensimulasikan menjalankan bisnis. Biasanya, periode pengujian pertama adalah untuk pengoptimalan aturan, keamanan, dan penghitungan kebijakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.