Menu Close

Perusahaan logistik memerlukan ERP? Yes or No?

manfaat erp

Software ERP atau disebut juga dengan Enterprise Resource Planning merupakan sebuah solusi otomatis yang menggabungkan berbagai macam aplikasi untuk mempermudah alur informasi di sebuah perusahaan, termasuk di perusahaan logistik. Karena di perusahaan logistik lingkup pekerjaannya mencakup koordinasi dan  perpindahan barang dari supplier ke pelanggan atau gudang tertentu.

Lalu apakah perusahaan logistik memerlukan ERP? Tentu saja iya! Salah satu manfaat ERP adalah menyajikan data yang akurat dan realtime sehingga memudahkan para pengambil keputusan bertindak lebih cepat dan tepat. Mereka tidak lagi harus menunggu informasi dan feedback karena seluruh riwayat operasi bisnis di dalam sistem. Jadi, ketika ada masalah yang signifikan, tindak lanjutnya bisa lebih cepat diambil sebelum perusahaan merugi banyak.

Selain itu, software ERP custom bisa jadi solusi bagi banyak perusahaan karena setiap perusahaan tentunya memiliki cara dan sistem sendiri dalam melakukan bisnisnya. Adapun manfaat dari Software ERP bagi perusahaan logistik adalah :

  1. Memudahkan dalam melihat jumlah stok barang di gudang

Software ERP berfungsi memusatkan seluruh data serta mengontrol jumlah barang. Termasuk di dalamnya jumlah pesanan, jumlah pembelian, stock pesanan dll. Semua dapat diketahui real time oleh pebisnis sehingga perusahaan bisa membuat perkiraan pesanan, pembelian maupun jumlah pesanan di masa yang akan datang.

  1. Distribusi jadi lebih mudah terkontrol

Distribusi adalah aspek terpenting dari industri logistik karena mencakup manajemen alur pengiriman barang dan pengelolaan transportasi. Sedangkan, menyediakan solusi untuk mengatur distribusi secara efektif dengan mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan di central hub. 

Informasi ini berguna untuk meningkatkan penanganan dan pengiriman produk di pusat distribusi dan memastikan barang tersebut sampai tepat waktu. Salah satu keunggulan ERP adalah turut memfasilitasi komunikasi antara pemasok, distributor, retailer, dan supir untuk berbagi informasi seperti alamat tujuan, gps, barang yang diangkut, dan masih banyak lagi.

Selain dua fungsi utama di atas, penerapan software ERP pada perusahaan logistik juga mencakup dalam aktivitas pengelolaan material, produksi dan pengemasan, manajemen inventaris, keamanan barang. 

Perusahaan logistik dapat beroperasi dengan lancar jika ada pendekatan ke manajemen yang mengatur pembelian, transportasi, dan penyimpanan barang untuk berbagai macam bisnis lainnya. Semakin mudahnya arus informasi di perusahaan, semakin tinggi pula keuntungan yang akan mereka, dan pelanggan mereka, dapatkan. Dengan demikian, sistem ERP sangat berguna untuk semua stakeholder yang terlibat di perusahaan logistik.

permanaERP sebagai perusahaan ERP consultant juga menyediakan custom ERP bagi semua perusahaan, termasuk perusahaan logistik. Dengan software ERP berlisensi di Indonesia, permanaERP siap membantu perusahaan atau bisnismu berjalan lebih mudah dan efektif. Saatnya gunakan permanaERP untuk kebutuhan bisnismu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.