Menu Close

Implementasi ERP di bisnismu sudah berhasil belum? Cek tipsnya disini! 

Setiap perusahaan yang memilih untuk menerapkan software ERP karena berbagai alasan, termasuk untuk meningkatkan produktivitas, menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan, dan mengurangi biaya. Manfaat ERP dapat menghilangkan banyak proses berbasis kertas atau spreadsheet karena menyediakan seperangkat alat proses bisnis yang terpadu dan satu database dengan informasi dari seluruh bisnis yang digunakan setiap orang.

Tetapi karena software ERP mempengaruhi begitu banyak aspek bisnis, implementasi software dapat menjadi proyek yang besar dan panjang. Implementasi biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan, dan sering kali bisnis besar membutuhkan waktu lebih lama untuk diluncurkan (go live). Kesalahan dalam perencanaan atau implementasi, seperti tujuan atau persyaratan yang tidak jelas, dapat menyebabkan penundaan lebih lanjut. Untuk mencegah implementasi ERP terhambat atau bahkan gagal, sangat penting untuk membangun tim implementasi ERP yang baik. Pengalaman konsultan yang melakukan implementasi juga sangat berpengaruh dalam sebuah implementasi. 

Inilah yang perlu kamu ketahui untuk memastikan implementasi ERP pada bisnismu menjadi sukses :

  1. Harus ada sponsor eksekutif. Seorang atasan yang penting dalam menggalang seluruh organisasi di belakang implementasi ERP.
  2. Sertakan peranan pengguna akhir dan pengguna lintas fungsi selama proses implementasi. Ini akan membantu memastikan kekhawatiran setiap departemen ditangani sejak awal dalam proyek.
  3. Pastikan anggota tim memiliki waktu untuk dicurahkan pada implementasi. Proyek ini akan memakan sebagian besar waktu karyawan, yang berarti beberapa tugas mereka yang lain mungkin perlu dipindahkan kepada karyawan lainnya.
  4. Pilih anggota tim berdasarkan keterampilan dan kemampuan mereka, bukan jabatan mereka. Sangat mudah untuk memilih anggota tim dengan peran senior, tetapi jika karyawan yang lebih junior memiliki pengetahuan dan keahlian untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi implementasi, mereka mungkin lebih cocok.
  5. Pastikan bahwa kamu sudah mendefinisikan dengan jelas (pada awal proyek ERP) peran dan tanggung jawab implementasi ERP sejak dini. Kamu memerlukan informasi ini untuk memilih anggota tim dengan keterampilan dan pengalaman yang tepat.
  6. Pilih vendor atau perusahaan ERP consultant yang terpercaya yaitu permanaERP! permanaERP sudah berpengalaman dan dapat membuatkan ERP custom bagi kebutuhan perusahaanmu.

Nah itu dia tips bagaimana agar implementasi software ERP di perusahaan atau bisnismu agar sukses dan bisa berjalan dengan baik. Simak tips lain yang berhubungan dengan ERP di permanaerp.com yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published.