Menu Close

Pentingnya modul ERP Human Capital Management bagi sebuah perusahaan!

pentingnya erp

Aset adalah salah satu hal yang penting di suatu perusahaan. Tidak hanya dalam berbentuk barang atau teknologi, aset juga meliputi Sumber Daya Manusia atau karyawan itu sendiri. Di dalam perusahaan atau bisnis, karyawan memiliki andil yang sangat besar, walaupun sudah ada teknologi tetapi karyawan masih dibutuhkan untuk mengoperasikan alat, menganalisa, membuat ide dan sebagainya.

Untuk itu melalui modul Human Capital Management di software ERP, departemen Human Resource (HR) bisa mengelola karyawannya dengan baik, seperti pada modul Human Capital Management yang disediakan perusahaan ERP consultant, Permana ERP yang memiliki fitur :

  • Employees
  • Expense Report
  • Leave Request
  • Timesheet
  • Recruitment
  • Membership

Semua fitur di atas bisa digunakan oleh karyawan dan user dalam mengontrol pekerjaan, absensi, cuti hingga perekrutan karyawan baru yang tentunya bisa di akses secara real time dimanapun dan kapanpun. Selain itu, dengan adanya penerapan software ERP pada perusahaan melalui modul Human Capital Management, kinerja karyawan juga bisa mudah dinilai melalui KPI (Key Performance Indicator) dari masing-masing perusahaan. 

​​Software HRM menyimpan data karyawan termasuk keterampilan karyawan, detail penilaian, keterampilan tambahan atau pengalaman, pelatihan. Bila akan ada kekosongan dalam organisasi, manajer HR secara langsung dapat memeriksa data karyawan dan mencari pengganti karyawan yang kosong tersebut. Dengan cara ini, perusahaan dapat menghemat biaya pada proses rekrutmen, karyawan juga akan merasa dihargai dan diakui oleh perusahaan yang terus memotivasi mereka.

Sistem software HRM yang efisien akan selalu memberikan notifikasi mengenai apapun, termasuk hari-hari spesial dari masing-masing karyawan. Sistem ini akan mencatat tanggal lahir setiap karyawan sehingga HR dapat merencanakan perayaan ulang tahun bagi karyawan. Semua dokumen yang terkait dengan karyawan selalu tersedia untuk HR hanya dalams sekali klik.

Jika sistem software HRM terhubung dengan daftar kehadiran dan catatan kerja karyawan, manajer HR dapat dengan mudah memeriksa karyawan yang mengerjakan proyek pada waktu tertentu dan juga bisa memberikan pekerjaan kepada karyawan yang belum mengerjakan apapun. Data yang sama kemudian dapat dikonsolidasikan dan dicek untuk dibuat perencanaan kerja. Hal ini mempermudah HR untuk memantau setiap karyawan terhadap pekerjaan yang ditugaskan sehingga tindakan korektif dapat diambil kapan pun diperlukan.

Dengan menggunakan sistem HRM, perusahaan dapat melacak rincian gaji karyawan, melakukan pencairan gaji secara tepat waktu, dan membayar pajak secara berkala. Jika sistem HRM terintegrasi dengan Sistem Finance & Billing, maka prosesnya akan lebih sederhana. Perangkat lunak HRM  juga dapat menangani tanggung jawab HR yang mencakup rekrutmen, induksi, pelatihan, penilaian kinerja berkala, promosi, pemindahan, dan pemeliharaan karyawan. Sistem penggajian konvensional tidak sanggup membantu mengatasi masalah-masalah departemen HR tersebut. HR Information System (HRIS) atau merupakan anugerah bagi departemen HR, karena sistem ini bisa menangani seluruh tanggung jawab manajer HR.

Leave a Reply

Your email address will not be published.