Menu Close

Tips memulai bisnis kecil bagi pemula!

Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Ada banyak cara untuk meraihnya salah satunya adalah mulai berbisnis. Secara umum, setiap orang yang memulai bisnis atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  memiliki tujuan yang sama, yakni mendapatkan keuntungan dan kehidupan yang lebih baik. Berbagai jenis upaya  dilakukan oleh mereka agar bisnis  dapat bertumbuh dengan pesat dan menghasilkan keuntungan. Tetapi, masih banyak hambatan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Bagi orang-orang yang belum pernah memulai bisnisnya sendiri, keputusan untuk membangun sebuah usaha bisa membuat mereka kewalahan karena banyaknya hal baru yang perlu dipelajari dan dilakukan. Untuk itu kali ini Permana ERP ingin memberikan tips memulai bisnis kecil bagi pemula, disimak baik-baik ya!

  1. Pastikan bisnis yang kamu pilih memiliki prospek yang bagus di masa sekarang dan masa depan

Jangan hanya memikirkan bisnis untuk sekarang, tapi pastikan juga bisnismu akan memiliki prospek bagus dimasa depan. Karena jika bisnismu hanya mengikuti trend yang ada sekarang, bukan tidak mungkin bisnismu akan redup karena tidak mengikuti trend di masa depan.

  1. Siapkan mental yang baik untuk menghadapi tantangan yang ada

Seorang pengusaha atau pebisnis harus memiliki mental baja yang mampu tahan terhadap tantangan yang ada serta tetap konsisten untuk berusaha menemukan solusi yang tepat jika ada permasalahan yang mengganggu bisnismu.

  1. Tak perlu modal besar asal bisa menghitung dan kelola modal dengan pintar

Yang harus kamu lakukan di awal adalah jangan langsung menggunakan modal yang besar, jika memang masih tahap pengujian dan ternyata produk atau jasamu kurang diminati pasar maka kerugiannya tidak terlalu besar.

  1. Fokus di satu bisnis hingga berkembang dan menguntungkan

Untuk di awal bisnis, cobalah untuk fokus di satu barang atau jasa yang ingin kamu jual. Kedepannya baru kamu bisa berinovasi terhadap bisnismu.

  1. Tentukan strategi penjualan apakah mau online, offline atau keduanya

Pandemi membuat banyak bisnis yang tadinya berjualan offline lalu banting setir menjadi online. Tapi perlu dipikirkan juga ya sobat Permana, jika memang barangmu merupakan barang yang dibutuhkan banyak orang seperti bahan pokok bisa juga tetap untuk berjualan offline.

  1. Gunakan permanaERP untuk memudahkan dalam mengelola bisnismu

Jika kamu kewalahan dalam mengelola bisnismu, permanaERP sebagai perusahaan ERP di Indonesia siap untuk membantumu, serta menyiapkan software ERP custom yang dapat disesuaikan dengan bisnismu. Hubungi kami untuk info lebih lanjut yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published.